Thursday, September 15, 2005

Rangkuman diskusi hari ini:
Fasilitator : birinmu

Tanggal 15-September-2005

APJII masih dihormati sebagai lembaga yang menaungi ISP-ISP yang ada di Indonesia. Dalam kasus adanya migrasi IIX dari Lantai 7 ke Lantai 11, dari peserta diskusi banyak yang menyesalkan aksi ini yang dinilai sangat mendadak. Disamping itu terjadi kesimpang-siuran mekanisme pemindahan tersebut yang menyangkut kepada konsekuensi biaya yang harus ditanggung oleh masing-masing ISP.

Dalam pada itu dari berita mengenai IIX yang dimuat di detik.com, permasalahan mati listrik di IDC menjadi sentral permasalahan. Salah satu anggota milis mempertanyakan apakah benar sentral masalah adalah hal ini, karena belum ada informasi lebih jauh dari IDC. Disamping itu ada kecurigaan dari APJII bahwa mati listrik tersebut dikondisikan agar terjadi migrasi secara “paksa” ke OpenIXP yang disinyalir oleh APJII telah dipersiapkan sebelumnya.

Beberapa anggota termasuk yang dari luar kota (Makasar) menyampaikan usulan kenapa tidak menggabungkan OpenIXP dengan IIX APJII. Hal ini disebabkan mayoritas trafik saat ini ada di OpenIXP. Secara teknis dikatakan penggabungan ini sangat mungkin dilakukan. Hanya dari perwakilan APJII yang hadir mengatakan bahwa ini tidak sesuai dengan Policy APJII (bahkan jika ini dilakukan artinya sama dengan membubarkan APJII). Akan tetapi penggabungan (bahasa teknis “peering”) antara kedua eXchange Point ini masih dimungkinkan tetapi harus dengan persetujuan Pengurus dan Pengawas APJII.

Khusus untuk mengurangi downtime, APJII mengharapkan ISP dapat memindahkan koneksi ke IIX APJII dan jalan paralel dengan OpenIXP. Dan dari Kabid IIX APJII mengharapkan dalam dua minggu sudah semua trafik masuk ke IIX APJII.

Point-point lain yang dibahas adalah:
1. APJII diharapkan lebih mendengar kepada semua anggota dan lebih bersifat merangkul dan "humble"
2. APJII seharusnya mengacknowledge bahwa Asset utama yang dia miliki adalah semua anggota, termasuk SDM yang ada didalamnya (termasuk yang aktif berdiskusi lewat YM)
3. APJII sebaiknya konsisten dengan aturan-aturan yang telah dibuat, dah diharapkan tidak "main paksa"
4. Ke depan diharapkan kepada APJII, agar semua hal-hal atau kegiatan-kegiatan APJII yang akan menimbulkan biaya atau sangat mempengaruhi bisnis ISP yang ada didalamnya diberitahukan dan dikordinasikan terlebih dahulu kepada semua anggota.
5. Para peserta diskusi sangat mengharapkan adanya kerjasama yang baik antara OpenIXP dan IIX APJII.

Semoga Damai Internet Indonesia!
YM: rr1960201

No comments:

Post a Comment